Mencetak Pemimpin Masa Depan dengan Dauroh Imam SMA Islam Teladan

Kebutuhan skill kepemimpian dan kemahiran mengolah keyakinan diri menjadi bekal yang harus dimiliki oleh generasi milenial saat ini. Era kecanggihan teknologi harus disertai pembekalan akhlak yang terencana agar generasi masa depan tidak kehilangan arah dan tujuan kehidupan. Menariknya, Bidang Diniyyah Al Irsyad yang dikawal oleh Ustadz Rahmat mampu merespons hal ini dengan baik.

Ini dibuktikan dengan program unggulan Dauroh Imam yang dihadirkan untuk jenjang SMPIT dan SMA-IT di Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang. Keinginan menjadi pemimpin masa depan sedari awal dibiasakan sejak usia sekolah. Hal ini diketahui dari acara menarik bertema “Dauroh Imam, Kiat Menjadi Imam yang Baik” yang diadakan SMA Islam Teladan pada Sabtu (27-2) sejak pukul 08.00 hingga 11.00 WIB dengan media Zoom.

“Program dauroh imam ini merupakan program unggulan dari Ka Bidang Diniyyah Al Irsyad Al Islamiyyah yang memfasilitasi Unit sekolah dalam kaderisasi  imam sholat berjama’ah, baik di sekolah maupun di rumah siswa,” ujar Ustadz Rahmat.  Lebih lanjut, beliau mengatakan bahwa program Dauroh imam ini berada di jenjang SMPIT dan SMA Islam Teladan. Perbedaannya adalah jika di jenjang SMPIT diajarkan pengetahuan bagaimana menjadi imam sholat berjamaah, sedangkan di SMA Islam Teladan  diaplikasikan dalam sholat berjamaah dan santri sebagai imam sholat.

Filosofi manusia untuk menjadi khalifah, baik bagi diri sendiri maupun orang lain terimplementasikan salah satunya dengan menjadi imam masjid. Sebab, imam merupakan sosok penting dalam kesuksesan shalat berjamaah. Seorang Muslim yang memiliki pengetahuan mengenai fikih shalat dan bacaan Alquran yang baik, kerap menjadi pilihan dalam memimpin shalat.  Lantas, bagaimana seorang imam bisa ditunjuk dalam memimpin shalat?

Hal ini terjawab dalam acara yang berlangsung 3 jam tersebut bersama Ustadz Ahla Ula Al-Faqih, Lc. Al-Hafidz, guru SMA Islam Teladan sekaligus lulusan terbaik Universitas Al-Azhar, Cairo-Mesir. Beliau menyampaikan betapa pentingnya peran imam di masa depan. Keutamaan menjadi imam dikupas tuntas dengan bahasa yang mudah diserap oleh para siswa SMA Islam Teladan. “Seorang imam yang baik tentu memiliki kecakapan yang lebih di atas rata-rata. Maka beruntunglah seseorang yang berstatus imam sebab menjadi orang kepercayaan masyarakat dan lebih bermanfaat untuk umat,” ujar Ustadz Ahla saat menyampaikan materi.

Dalam acara ini, Ustadz Ahla berhasil menyampaikan kepada para siswa dengan menarik tentang keutamaan imam dalam shalat berjamaah, cara menjadi imam yang baik, hingga berbagai kondisi real di masyarakat tentang kesiapan menjadi imam dalam bebagai kondisi.

“Acara semacam ini tentu menjadi program yang sangat langka dibanding program sekolah lainnya di jenjang SMA se-Karawang. Hanya di SMA Islam Teladanlah, para siswa dibentuk kecerdasan akhlaknya dengan berbagai tempaan kurikulum khas Al Irsyad, baik itu bidang Diniyyah maupun Al-Qur’an,” ujar Ustadz Indra, Kepala SMA Islam Teladan.

Sekolah yang berkualitas tentu tidak hanya mengusung prestasi sains ataupun bahasa internasionalnya, tetapi juga mengedepankan karakter keislaman yang mumpuni agar para generasi mendatang sudah siap dan sigap merespons perubahan zaman. Inilah yang kita temukan di Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang sebagai lembaga pendidikan terdepan dalam akhlak dan prestasi. Sekolah? Al Irsyad Aja!

Mencetak Pemimpin Masa Depan dengan Dauroh Imam SMA Islam Teladan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *