Oleh Ustadz Rahmat Hidayat, S.Pd.*

 

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Sebagai seorang guru, proses persiapan rancangan pembelajaran sangat dibutuhkan. Proses tersebut dilakukan untuk melihat sejauh mana guru mampu dalam merancang pembelajaran agar semakin baik. Salah satu keunggulannya adalah merancang pembuatan penilaian dalam bentuk soal.

Dalam melakasanakan proses penilaian, umumnya seorang guru dapat menggunakan tes. Tes merupakan alat ukur yang sering digunakan guru untuk mengukur hasil belajar siswa. Dengan tes, guru dapat mengetahui kemampuan siswa dalam memahami materi yang diajarakan serta sejauh mana tujuan pembelajaran yang ditetapkan dapat tercapai. Dengan demikian, agar tes dapat mengukur hasil belajar siswa dengan tepat, tes tersebut harus dikembangkan dengan baik.  Maka dari itu,  melalui Kabid Diniyyah, Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang mengadakan pleno hasil pelatihan untuk guru PAI dalam pembuatan penilaian HOTS untuk tingkat SDIT dan SMPIT.

Acara ini berlangsung selama dua hari (19 dan 20 Maret 2021) di Meeting Room Pinus Akshaya Hotel bersama Ust Ibnu Rochi, Lc dari MPP Al Irsyad Pusat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Kegiatan ini merupakan lanjutan dalam beberapa tahapan. Tahapan 1 sudah dilaksanakan dalam pelatihan pengetahuan pembuatan penilaian pada tanggal 30 Januari. Tahapan berikutnya adalah guru membuat kisi-kisi soal sebagai dasar dalam menulis butir-butir soal. Kisi-kisi tersebut memuat beberapa informasi, antara lain materi yang akan diuji, indikator yang ingin dicapai dari tujuan pembelajaran, kompetensi, tingkat kesukaran soal, dan banyaknya jumlah butir soal yang dibutuhkan.

Kegiatan selanjutnya adalah pleno untuk mempresentasikan kisi-kisi serta bentuk soal  HOTs.  Setiap guru mempresentasikan topik PAI yang sudah ditentukan. Kemudian, diadakan forum diskusi untuk saling bertukar gagasan dengan memberikan saran dan masukan dari Ustadz Ibnu Rochi,  Lc dan rekan-rekan sesama guru lainnya.

Dengan acara pelatihan ini, diharapkan agar  kualitas pembelajaran PAI yang menjadi Kurikulum Khas Al Irsyad semakin berkualitas,  baik dari segi pembelajaran maupun pembiasaan. Kegiatan ini sekaligus menunjukkan betapa berkualitasnya guru-guru Al Irsyad, khususnya dalam mencetak generasi Rabbani yang jujur, berprestasi, dan berakhlakul karimah.

*Reportase ini ditulis Ka Bid. Diniyyah Al Irsyad Al Islamiyyah Karawang

Al Irsyad Tempa Guru PAI dengan Pelatihan Berkualitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *